Bos Robotaxis: Mobil Swakemudi Lebih Memungkinkan untuk Kendaraan Komersil :: Nusantaratv.com

Bos Robotaxis: Mobil Swakemudi Lebih Memungkinkan untuk Kendaraan Komersil

Teknologi Kendaraan Swakemudi Lebih Pantas untuk Armada Komersial.
Bos Robotaxis: Mobil Swakemudi Lebih Memungkinkan untuk Kendaraan Komersil
Ilustrasi kendaraan swakemudi. (Emerj)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ola Kaellenius, Pimpinan Eksekutif Daimler, mengatakan teknologi kendaraan swakemudi (self-driving) lebih memungkinkan diterapkan untuk armada komersial pada perusahaan angkutan dengan jarak tempuh yang jauh. 

Biaya teknologi kendaraan otonom yang mahal, membuat penggunaannya harus disesuaikan dengan potensi pendapatan yang bisa diraih dari teknologi tersebut. Itulah salah satu alasannya.

Kaellenius menyebut perusahaannya harus realistis dalam menatap pola bisnis kendaraan otonom. Apakah untuk penggunaan pribadi atau digunakan dalam berbisnis.

Ada pengaturan pemeriksaan realitas di sini - ujar Kaellenius, dilansir dari Reuters, Jumat (15/11/2019).

Di masa depan, hubungan manusia dengan teknologi akan semakin dekat, dan salah satu di antaranya kebutuhan akan mobil yang bisa 'nyetir' sendiri. Kemampuan ini hadir menyusul bantuan teknologi navigasi dan berbagai sensor pada mobil dalam membaca kondisi lalu-lintas.

Namun, dalam perjalannya, pengembangan teknologi swakemudi menemui banyak rintangan. Mulai dari biaya tinggi hingga hambatan regulasi serta faktor keamanan yang masih menjadi bahan perdebatan. Imbasnya pada potensi bisnis bila teknologi ini benar-benar tetap diterapkan.

Tantangan terbesar pengembangan mobil otonom adalah memastikan kendaraan itu 100 persen aman saat berjalan di perkotaan - tukas Kaellenius.

Kendati Daimler berhasil memastikan Robotaxis aman digunakan, tetapi manfaat bisnis yang akan didapat perusahaan pun belum jelas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0