Ini Paket Servis Mobil Xpander Baru :: Nusantaratv.com

Ini Paket Servis Mobil Xpander Baru

Salah satu pertimbangan sebelum membeli mobil baru adalah biaya servis yang akan dikeluarkan
Ini Paket Servis Mobil Xpander Baru
Mitsubishi Xpander di GIIAS Medan 2018 (Foto: dok. Alfons Yoshio)

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu pertimbangan sebelum membeli mobil baru adalah biaya servis yang akan dikeluarkan, termasuk bagi Anda yang berminat meminang Mitsubishi Xpander. Apalagi kalau mengingat beberapa asumsi di masyarakat yang menyebut kalau biaya servis mobil Mitsubishi cenderung lebih mahal.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) menjawab anggapan ini dengan mem-bundling paket SMART untuk setiap pembelian Mitsubishi Xpander sejak April 2018 lalu dan masih ditawarkan sampai saat ini. Paket ini sendiri konsumen dibebaskan dari beberapa biaya servis di bengkel resmi selama periode waktu tertentu antara 3-5 tahun.

"Untuk Xpander itu sampai servis 30.000 km atau 5 tahun itu sudah di-cover paket SMART untuk biaya servisnya. Kalau sekarang itu jadi promo penjualan yang sudah didapat saat membeli mobilnya," terang Service Manager Mitsubishi Motors Tebet, Ramdani.

Dia menjelaskan paket ini mencakup mulai dari penggantian suku cadang, oli resmi dari Mitusbishi, cairan-cairan mulai dari brake fluid, water coolant, brake cleaner sampai engine flush , dengan catatan penggantian sesuai dengan arahan buku petunjuk servis.

Servis Berkala

Karena sudah termasuk dalam paket SMART sebenarnya sudah tidak ada biaya servis berkala yang perlu dipikirkan. Meski begitu kalau mau dihitung secara manual bisa saja.

Untuk servis pertama pada 1.000 km atau kurang lebih sebulan, tidak dilakukan penggantian part apa pun dan tanpa paket SMART pun masih gratis. Sama halnya dengan servis berikutnya pada 10.000 km atau enam bulan pemakaian yang juga masih gratis hanya saja kalau mau dihitung akan ada penggantian oli mesin, saringan oli, dan saringan udara AC yang kalau mau dihitung mencapai Rp 510.500 dengan biaya jasa sekitar Rp 530 ribu.

Selanjutnya untuk biaya servis 20.000 km atau satu tahun pemakaian, penggantian part yang dilakukan masih sama seperti sebelumnya, namun karena part yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih banyak akan ada biaya jasa sekitar Rp 1,1 juta.

Perawatan berkala berikutnya, 30.000 km, biaya yang dikenakan sama seperti servis 10.000 km karena komponen yang diganti dan diperiksa juga sama.

Perawatan besar akan dilakukan saat 40.000 km atau sekitar dua tahun. Pergantian part akan mencakup oli mesin, filter oli, saringan udara AC, filter udara, dan minyak rem. Penggantian part ini akan memakan biaya Rp 721.500 dan biaya jasa sekitar Rp 1,4 juta.

Terakhir biaya perawatan 50.000 km kembali seperti servis 10.000 km dan angkanya akan terus mengikuti seterusnya.

Harga spare parts dan biaya jasa

Ramdani menjelaskan biaya jasa di setiap diler sebenarnya berbeda-beda bergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Perhitungannya berdasarkan biaya tenaga kerja (labour cost). Misalnya di tempatnya sendiri biaya jasa adalah Rp 200 ribu/jam.

"Jadi kalau pengerjaannya cepat, hanya periksa ya hanya Rp 100 ribu. Tapi tiap bengkel resmi berbeda ada yang Rp 160 ribu per jam, ada juga yang paling mahal itu Rp 240 ribu/jam,' terang dia lagi.

Sementara itu untuk biaya beberapa suku cadang yang biasa masuk di servis berkala sebagai berikut:

- Oli mesin: Rp 71.000/ liter (Xpander menghabiskan 4 liter)
- Filter oli: Rp 68.500
- Filter AC: Rp 158.000
- Ring oil: Rp 11.000
- Brake cleaner: Rp 58.000/botol
- Minyak rem: Rp 30.000
- Water coolant: Rp 70.000
- Air aki: Rp 12.000
- Busi: Rp 266.000/buah
- Filter udara: Rp 121.000
- Filter bahan bakar: Rp 755.000
Lama Servis

Ramdani menjelaskan waktu servis bergantung pada kerumitan atau jumlah komponen yang perlu diperiksa dan diganti. Standarnya sendiri sekitar 2 jam 40 menit untuk servis pad 10.000 km. Sementara untuk servis besar seperti setelah dua tahun penggunaan atau 40.000 km, waktu pengerjaan bisa mencapai 7 jam.

"Kami juga menyediakan layanan quick service, itu satu mobil yang mengerjakan dua orang," tambah Ramdani lagi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0