Jokowi Mau Industri Otomotif Pacu Ekspor USD 24 M :: Nusantaratv.com

Jokowi Mau Industri Otomotif Pacu Ekspor USD 24 M

Saat ini nilai ekspor di industri otomotif sekitar USD 8 miliar
Jokowi Mau Industri Otomotif Pacu Ekspor USD 24 M
Jokowi saat melepas ekspor mobil Isuzu.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap industri otomotif Tanah Air dapat memacu ekspor. Setidaknya, empat tahun mendatang nilai ekspor industri otomotif bisa tumbuh sebesar USD 24 miliar.

Baca juga: Jokowi Tak Gentar Hadapi Gugatan Uni Eropa 

"Kita harapkan nilai ekspornya dari USD 8 miliar meloncat USD 24 miliar," ujar Jokowi di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Guna mendukung upaya itu, maka kapasitas produksi industri tersebut perlu dinaikkan. Dari sebelumnya hanya mencapai 300 ribu unit, mencapai 1 juta unit di tahun 2020.

"Saya meminta kepada industri otomotif target target sekarang ini 300 ribu unit dalam empat tahun, tiga sampai empat tahun mendatang harus bisa meloncat menjadi 1 juta unit ekspornya," tuturnya.

Melalui kapasitas produksi 1 juta unit, industri otomotif diharapkan berfokus pada ekspor. Hingga akhirnya nantinya, industri otomotif menjadi hub terbesar.

"Artinya kita akan menjadikan indonesia sebagai produksi hub bagi industri otomotif," kata dia. 

Mantan Wali Kota Solo pun meminta agar industri otomotif Indonesia bisa ekspansi ke pasar-pasar baru seperti Asia Timur, Afrika, dan Timur Tengah. Karena selama ini Indonesia hanya fokus menggarap pasar-pasar tradisional atau pasar-pasar yang sudah ada. 

"Saya kira kita punya peluang besar masik ke pasar yang kita sebutkan tadi bukan pasar tradisonal yang itu-itu saja," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0