Mobil Dinas Bekas Polisi Jadi Incaran Kolektor :: Nusantaratv.com

Mobil Dinas Bekas Polisi Jadi Incaran Kolektor

Porsche sebagai salah satu pabrikan legendaris di dunia, juga dikenal punya hubungan khusus dengan pihak kepolisian di seluruh dunia.
Mobil Dinas Bekas Polisi Jadi Incaran Kolektor
Porsche 911 Targa Police Edition (Foto:dok. 911 Motorsport)

Jakarta, Nusantaratv.com - Porsche sebagai salah satu pabrikan legendaris di dunia, juga dikenal punya hubungan khusus dengan pihak kepolisian di seluruh dunia. Seperti mengutip dari Carscoops, jenama Jerman ini sudah membuat 1.000 mobil Porsche ke berbagai kepolisian negara.

Salah satunya lembaga penegak hukum negara Belgia yang memesan 20 unit Porsche 911 Targa guna kendaraan operasionalnya pada tahun 1976.

Kala itu Porsche menyiapkannya secara khusus lewat embel-embel RS (Racing Sport) sehingga membuatnya lebih bertenaga buas dibanding 911 Targa lain. Bahkan hingga tahun 1993, Porsche 911 Targa menjadi mobil kepolisian tercepat.

Berdasarkan data spesifikasi, mobil yang punya bentuk ikonik tersebut mengusung mesin 2.700 cc flat six yang mampu memuntahkan tenaga hingga 210 dk.

Menariknya lagi, para perwira kepolisian yang beruntung bisa mengemudikannya pun harus menjalani seleksi yang ketat.

Dari 20 unit Porsche yang tercatat pernah mengaspal di Belgia, 17 lainnya sudah dipensiunkan seiring dengan umur kendaraan. Sedangkan sisanya menjadi bahan rebutan kolektor yang ingin memboyong Porsche yang jumlahnya terbatas tersebut.

Ari Epstein contohnya. Pria ini mengakui membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk berburu salah satu unitnya. Caranya, dia menelusuri kepemilikan ke-20 mobil tersebut sekarang dan nomor VIN-nya (Vehicle Identity Number).

Akhirnya Ari menemukan satu unit mobil polisi Porsche berkelir putih dan ada identitas kepolisian Belgia berwarna oranye. Usut punya usut, sportscar tersebut sudah beristirahat hampir tiga dekade setelah pensiun dari masa tugasnya.

Keunikan Porsche 911 Targa menjadi armada kepolisian adalah karena wujudnya yang cabriolet, sehingga atapnya bisa dibuka. Hal tersebut memudahkan anggota kepolisian untuk berdiri dan memberi perintah atau sinyal pada pengguna jalan yang ada apabila dibutuhkan.

Sayangnya tidak ada informasi mengenai harga satu unitnya. Namun yang jelas, Porsche 911 Targa versi kepolisian Belgia patut masuk daftar incaran koleksi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0