Mobil Esemka Resmi Meluncur, Presiden Jokowi: Beli Produk Lain, Kebangetan :: Nusantaratv.com

Mobil Esemka Resmi Meluncur, Presiden Jokowi: Beli Produk Lain, Kebangetan

Presiden Jokowi menyebut Esemka merupakan produk dalam negeri yang telah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, dan siswa SMK.
Mobil Esemka Resmi Meluncur, Presiden Jokowi: Beli Produk Lain, Kebangetan
Presiden Jokowi resmikan mobil Esemka. (Jay/Humas)

Boyolali, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik sekaligus meluncurkan mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (6/9/2019) siang.

Presiden Jokowi mengatakan mobil Esemka adalah brand dan prinsipalnya Indonesia. Menurutnya, Esemka merupakan produk dalam negeri yang telah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, dan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

"Ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semuanya," ujar Presiden Jokowi, dalam sambutannya, Jumat (6/9/2019). 

Baca: Pengisi Daya Mobil Listrik, PLN Hadirkan Ultra Fast Charging

Dia mengingatkan membuat mobil itu tidak hanya memproduksi saja, tetapi juga bagaimana menjualnya.

"Tadi dari belakang saya lihat bagaimana mesin dan komponen-komponen lain dirakit, yang saya lihat saya senang bahwa supplier-supplier komponen yang ada banyak sekali yang berasal dari dalam negeri," lanjutnya.

"Artinya local content-nya juga sudah baik, meskipun saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 apalagi 100 persen," tambah Kepala Negara.

Sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, Presiden mengapresiasi keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi.

Baca Juga: Pemerintah Percepat Pengembangan Sepeda Motor Listrik Dalam Negeri

"Tidak mudah, tidak gampang, masuk pasarnya ini juga tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku," tegasnya.

"Saya tidak ingin maksa pada bapak-ibu dan saudara-saudara semuanya untuk beli, tapi kalau lihat produknya tadi saya sudah buka, sudah coba, sudah lihat, sudah tes memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain, ya kebangetan apalagi yang impor," tukas Presiden Jokowi.

Resmi meluncur, dua varian mobil Esemka yakni Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3 dibanderol dengan harga sekitar Rp110 juta.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0