Perpres Belum Rampung, Terkendala Insentif Pendirian Pabrik Mobil Listrik :: Nusantaratv.com

Perpres Belum Rampung, Terkendala Insentif Pendirian Pabrik Mobil Listrik

Perpres mobil listrik terkendala pemberian insentif bagi perusahaan yang akan mendirikan pabrik
Perpres Belum Rampung, Terkendala Insentif Pendirian Pabrik Mobil Listrik
Mobil listrik Nissan LEAF. (Adiantoro/NTV)

Jakarta, Nusantaratv.com - Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman), mengakui regulasi mobil listrik belum selesai seluruhnya.

Menurutnya, kajian soal pemberian insentif untuk perusahaan yang mendirikan pabrik mobil listrik itulah yang masih menjadi kendala.  

Kendati demikian, menteri berusia 71 tahun itu, memastikan bila beleid percepatan pengembangan mobil listrik di Tanah Air lewat Peraturan Presiden (Perpres) akan segera ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Enggak lama. kemarin ada lagi lihat baru, kemarin baru balik dari China. Ada lagi menyangkut insentif buat orang yang mendirikan pabrik," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/7/2019).

Disebutkannya, bahwa Perpres seharusnya sudah ditandatangani Kepala Negara pada pekan ini. "Mestinya minggu ini sudah, kalau enggak minggu ini paling lambat ya, saya kira minggu ini lah," lanjutnya.

Terpisah, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengungkapkan Perpres ini nantinya akan berdampak positif bagi industri otomotif di dalam negeri.

"Rasanya minggu depan akan diumumkan, karena semua tinggal momennya untuk diumumkan dan itu cukup positif untuk industri otomotif," jelas Nangoi, di ICE BSD, Tangerang, akhir pekan lalu. 

Ketika ditanya soal isi dari peraturan itu, Nangoi enggan beicara banyak. Ia menjelaskan bahwa dirinya tak mengetahui secara rinci isi dari peraturan tersebut, namun diakuinya masih terdapat sedikit revisi.

"Saat terakhir ada sedikit perbaikan dan sifatnya sangat baik untuk indusri otomotif. Saya tidak tahu (rinci)," tukas Nangoi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0