Sinergi Huawei-Qilu, Bangun Jalan Raya Khusus Uji Coba Mobil Swakemudi :: Nusantaratv.com

Sinergi Huawei-Qilu, Bangun Jalan Raya Khusus Uji Coba Mobil Swakemudi

Pengembang transportasi China, Qilu, bersama raksasa teknologi Huawei, akan membangun jalan raya sepanjang 26 km untuk pengujian swakemudi
Sinergi Huawei-Qilu, Bangun Jalan Raya Khusus Uji Coba Mobil Swakemudi
China bangun jalan raya khusus uji coba swakemudi. (Bloomberg)

Jakarta, Nusantaratv.com - China membangun jalan raya khusus sebagai arena uji coba kendaraan swakemudi (self-driving) sebagai upaya untuk menantang teknologi Amerika Serikat (AS) dalam teknologi kendaraan otonom.

Menurut laporan South China Morning Post, yang mengutip Xinhua, Selasa (20/8/2019), grup pengembang transportasi China, Qilu, bersama raksasa teknologi Huawei, akan membangun jalan raya sepanjang 26 km untuk pengujian swakemudi yang membutuhkan konektivitas yang kuat.

Disebutkan, jalan raya itu akan memiliki tiga terowongan, satu jembatan, dan tiga pintu tol, yang akan dibuat menyerupai jalan raya pada umumnya.

Jalan raya itu didukung dengan fasilitas teknologi terkini, di antaranya sensor jalan, kamera pemantau, teknologi pemantai cuaca, dan rambu lalu-lintas yang diposisikan sesuai dengan posisi dan kemampuan mobil dalam menangkap gambar melalui radar dan kamera.

Proyek ini bertujuan untuk membangun pusat pengujian, penelitian, pengembangan dan inkubator untuk kendaraan tanpa pengemudi pada 2023.

Dalam lima tahun ke depan, mereka akan mengeksplorasi model bisnis inovatif terintegrasi di sekitar infrastruktur, energi baru, penggerak otonom, logistik, dan pariwisata. 

Disisi lain, perusahaan yang memproduksi kendaraan swakemudi China masih mengejar ketinggalan dari Amerika Serikat (AS) dalam pengujian, mengingat Negeri Tirai Bambu itu memiliki infrastruktur jalan yang sangat luas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0