Tahun Depan, Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik Terbesar di Eropa :: Nusantaratv.com

Tahun Depan, Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik Terbesar di Eropa

Investasi Tesla di Brandenburg Mencapai Miliaran Dolar AS.
Tahun Depan, Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik Terbesar di Eropa
Pabrik mobil listrik Tesla. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, akan membangun pabrik terbesar di Eropa pada kuartal pertama 2020.

Upaya itu segera terlaksana setelah Tesla menandatangani kesepakatan dengan negara bagian Jerman, Brandenburg. Hal tersebut disampaikan Joerg Steinbach, Menteri Ekonomi negara bagian itu.

Sebelumnya, bos Tesla Elon Musk mengumumkan akan membangun pabrik manufaktur Eropa, dekat bandara internasional Berlin, Brandenburg. Dimana fasilitas tersebut bakal menjadi pusat penelitian dan pengembangan baru.

Baca Juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik di Jerman

Dilansir dari Carscoops, Minggu (17/11/2019), Gigafactory baru akan memproduksi baterai, motor listrik dan kendaraan, dimulai dengan SUV (Sport Utility Vehicle) Model Y dan diikuti Model 3.

Otoritas negara bagian setempat mengatakan investasi Tesla di wilayahnya mencapai miliaran dolar AS dengan tahap produksi pertama akan diluncurkan pada 2021.

Pabrik ini nantinya akan menciptakan 3.000 hingga 3.500 lapangan kerja baru, dan akan naik menjadi 7.000 hingga 8.000 pada tahap berikutnya. Steinbach menyebut rencana Tesla untuk pabrik itu sangat ambisius. 

Mereka harus menyerahkan dokumen dengan cepat - ujar Steinbach.

Sebelumnya, Tesla telah membangun Gigafactory di China dalam waktu singkat, dan kini siap untuk meluncurkan model 3 yang diproduksinya. Tetapi, membangun pabrik di Jerman, akan lebih menantang karena negara tersebut memiliki tenaga kerja dan biaya energi tertinggi di seluruh dunia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0