Motor Tak Pakai Aki, Ini Risiko yang Akan Dihadapi :: Nusantaratv.com

Motor Tak Pakai Aki, Ini Risiko yang Akan Dihadapi

Ada baiknya aki selalu terpasang di kendaraan bermotor
Motor Tak Pakai Aki, Ini Risiko yang Akan Dihadapi
Aki merupakan komponen vital kendaraan bermotor. (istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Aki menjadi salah satu komponen vital dalam kendaraan bermotor. Aki berfungsi menyediakan listrik, sedangkan kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul. 

Ada beberapa efek negatif yang ditimbulkan akibat kendaraan roda dua tanpa aki. Apa saja? 

1. Sulit menghidupkan mesin. Untuk menghidupkan sepeda motor, pengguna hanya menekan tombol start yang ada pada stang kemudian mesin nyala dan siap motor ditunggangi. Namun, perlu diingat, sistem elektrik starter ini memakai tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati hanya aki.

Artinya, ketika motor tidak memakai aki, maka pengguna tidak bisa memakai fitur electric starter. Untuk menyalakan mesin, maka perlu menggunakan kick starter.

2. Lampu sein tidak berkedip. Anda mungkin sering melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus menerus). Ternyata itu bukan masalah pada lampu sein, tapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal kinerjanya.

Kenapa tegangan kelistrikan bisa berkurang? Karena RPM mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga rendah.

Jika motor ada akinya, hal ini bisa diantisipasi. Tap, jika motor tanpa aki maka lampu sein akan nyala terus tanpa kedipan kecuali saat Anda gas mesin motor saat berbelok.

3. Lampu motor redup saat RPM mesin rendah. Jika mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin cuma sekitar 1.000 RPM. Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul terbilang sangat terbatas, sehingga tak kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai penerangan (lampu). Hal ini berakibat pada lampu motor yang redup dan lampu hanya akan terang jika motor bila digas.

Dengan melihat efek negatif dari tidak memakai aki, ada baiknya jika aki selalu terpasang di sepeda motor kesayangan Anda. Selain lebih nyaman, Anda juga akan merasa lebih aman berkendara.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0