Tesla Mulai Jual Sedan Model 3 di China :: Nusantaratv.com

Tesla Mulai Jual Sedan Model 3 di China

Tesla Katakan Mulai Mengirimkan Mobil Model 3 Long Range Buatan Shanghai Mulai Juni 2020.
Tesla Mulai Jual Sedan Model 3 di China
Ilustrasi. (Bloomberg)

Jakarta, Nusantaratv.com - Produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla Inc, mengatakan mereka telah memulai penjualan China dari dua varian Model 3 yang dibangun di pabriknya di Shanghai, China.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (11/4/2020), bila hal ini berarti semua sedan Model 3 yang dijual di negara itu sekarang dibuat secara lokal dan tidak dikenakan pajak impor.

Perkembangan ini muncul di ujung akhir hubungan kedua negara tersebut atau yang disebut Sino-AS. Perang dagang ditandai dengan tarif barang dan jasa yang bervariasi seperti logam dan mobil, yang menaikkan harga barang-barang buatan AS di Negari Tirai Bambu itu.

Hal tersebut hadir setelah Tesla menghentikan produksinya di pabrik mereka di San Francisco Bay Area karena dampak yang lebih luas dari virus corona (COVID-19). Tesla rencana melanjutkan operasi normal pada 4 Mei mendatang.

Baca Juga: Lawan Corona, Batman Turut Kampanyekan Social Distancing 

Tesla mengatakan pihaknya bertujuan mulai mengirimkan mobil Model 3 Long Range buatan Shanghai mulai Juni tahun ini, yang dihargai 339.050 yuan atau sekitar Rp761 juta setelah subsidi.

Varian dengan jarak tempuh lebih dari 600 kilometer sebelum perlu diisi ulang, berbeda dari versi impor yang merupakan penggerak semua-roda dan dibanderol 439.900 yuan atau sekitar Rp987 juta.

Performance Model 3 buatan lokal yang pengirimannya dijadwalkan untuk kuartal pertama tahun depan, akan dihargai 419.800 yuan atau sekitar Rp942 juta. Produsen mobil yang berbasis di California, AS, mengatakan kendaraan Performance Model 3 yang diimpor dihargai 509.900 yuan atau sekitar Rp1,1 miliar.

Langkah ini sangat kontras dengan rencana sebelumnya. Elon Musk, Kepala Eksekutif Tesla, menyebut pembuat mobil hanya akan membuat versi sedan Model 3 yang lebih terjangkau di pabrik Shanghai yang dibangun dengan nilai investasi sebesar 2 miliar dolar AS.

Berdasarkan data industri, Tesla berhasil menjual 10.160 unit kendaraan di China pada Maret lalu, naik dibandingkan Februari yang hanya sekitar 3.900 unit. Peningkatan ini menandai penjualan bulanan tertinggi di pasar mobil terbesar di dunia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0