Ban Konsep Goodyear, Bisa Cetak Benang Sendiri Saat Gundul :: Nusantaratv.com

Ban Konsep Goodyear, Bisa Cetak Benang Sendiri Saat Gundul

Ban Diisi Dengan Senyawa yang Terdiri Dari Bahan-Bahan Terbarukan Seperti Karet Dandelion dan Sutra Laba-Laba Sintetis.
Ban Konsep Goodyear, Bisa Cetak Benang Sendiri Saat Gundul
Ban konsep Goodyear. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ban pada kendaraan merupakan satu komponen yang sangatlah vital dalam berkendara. Seiring pemakaian kendaraan maka benang pada ban juga akan mulai gundul.

Ketika hal itu terjadi, maka tidak ada yang bisa dilakukan, kecuali segera mengganti ban baru. Namun, sebagai upaya mengurangi limbah, produsen ban Goodyear memiliki konsep ban baru yang bisa mengatasi masalah ini.

Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (4/3/2020), perusahaan baru-baru memperlihatkan konsep ban baru yang mereka sebut ReCharge. Yang membuat ban ini istimewa adalah ia memiliki kemampuan mencetak benang baru dengan sendirinya begitu ban mulai gundul dan tidak lagi aman digunakan di jalan.

Baca Juga: Karyawan BMW Positif Virus Corona, 150 Lainnya Dikarantina

Ban ini diisi dengan senyawa yang terdiri dari bahan-bahan terbarukan seperti karet dandelion dan sutra laba-laba sintetis. Senyawa ini diekskresikan melalui serangkaian pipa ke permukaan roda di mana ia akan mengering, menyembuhkan, dan akhirnya diatur menjadi pola benang yang benar-benar baru.

Selain itu, ban tidak hanya mencetak utasnya sendiri, tapi juga dirancang sedemikian rupa sehingga tidak perlu diberi tekanan, yang secara teori ban tidak akan kempes.

Ban ini masih berupa konsep, sehingga masih belum jelas apakah hal ini akan menjadi kenyataan. Namun, menurut CTO perusahaan, Chris Helsel, jika ia percaya proses dan fitur ini bisa hadir dalam satu dekade. Jadi kemungkinan besar ban konsep ini akan dengan mudah dijumpai di pasaran suatu hari nanti. 
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0