GM Bakal Produksi Mobil Listrik untuk Honda, Pakai Baterai Baru :: Nusantaratv.com

GM Bakal Produksi Mobil Listrik untuk Honda, Pakai Baterai Baru

Eksterior dan Interior Mobil Listrik Baru Akan Didesain Khusus oleh Honda.
GM Bakal Produksi Mobil Listrik untuk Honda, Pakai Baterai Baru
Ilustrasi mobil listrik Honda. (Carreview)

Jakarta, Nusantaratv.com - General Motors (GM) dan Honda sepakat untuk bersama-sama mengembangkan dua mobil listrik (electric vehicle/EV) baru untuk Honda, berdasarkan platform global GM yang sangat fleksibel yang ditenagai baterai Ultium.

Eksterior dan interior mobil listrik baru itu akan didesain khusus oleh Honda, dan platform akan direkayasa untuk mendukung karakter mengemudi Honda.

Produksi kendaraan listrik Honda ini akan menggabungkan keahlian kedua perusahaan, dan akan diproduksi di pabrik GM di Amerika Utara. Penjualan diharapkan akan dimulai pada 2024 di pasar Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

GM dan Honda memiliki hubungan berkelanjutan di sektor elektrifikasi. Ini termasuk teknologi sel bahan bakar dan Cruise, mobil listrik swakemudi yang terungkap di San Francisco awal tahun ini. Honda juga bergabung dengan upaya pengembangan modul baterai GM pada 2018.

"Kolaborasi ini akan menyatukan kekuatan kedua perusahaan, sementara skala gabungan dan efisiensi manufaktur pada akhirnya akan memberikan nilai lebih besar kepada pelanggan," kata Rick Schostek, Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor, dikutip dari laman Honda Global, Sabtu (4/4/2020).

Baca Juga: BMW Fokus Jaga Likuiditas Selama Pandemi COVID-19

"Kemitraan yang diperluas ini akan membuka kunci ekonomi.Sskala untuk mempercepat peta jalan elektrifikasi kami dan memajukan upaya industri guna mengurangi emisi gas rumah kaca," lanjutnya.

"Kami sedang berdiskusi dengan satu sama lain tentang kemungkinan untuk memperluas kemitraan kami lebih lanjut," tambah Schostek.

Sementara itu, Doug Parks, Wakil Presiden Eksekutif GM untuk Pengembangan Produk Global, Pembelian dan Rantai Pasokan, mengatakan perjanjian ini dibangun berdasarkan hubungan GM yang telah terbukti dengan Honda, dan selanjutnya memvalidasi kemajuan teknis dan kemampuan baterai Ultium dan platform EV baru GM.

"Yang penting, ini adalah langkah lain dalam perjalanan kami menuju masa depan yang serba listrik dan memberikan bisnis EV yang menguntungkan melalui peningkatan skala dan pemanfaatan kapasitas. Kami memiliki sejarah hebat bekerja sama dengan Honda, dan kolaborasi baru ini dibangun di atas hubungan kami dan tujuan yang sepaham," terangnya.

Sebagai bagian dari perjanjian, Honda akan memasukkan layanan keselamatan dan keamanan OnStar GM ke dalam dua EV mendatang, serta mengintegrasikannya dengan HondaLink. Selain itu, Honda berencana untuk menyediakan teknologi bantuan pengemudi canggih hands-free GM.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0