Ibu Kota Baru Berkonsep Ramah Lingkungan, Luhut: Kendaraan Non-AV Dilarang Masuk :: Nusantaratv.com

Ibu Kota Baru Berkonsep Ramah Lingkungan, Luhut: Kendaraan Non-AV Dilarang Masuk

Pemerintah Bakal Sangat Ketat Menerapkan Aturan Kepatuhan Berkendara di Ibu Kota Baru.
Ibu Kota Baru Berkonsep Ramah Lingkungan, Luhut: Kendaraan Non-AV Dilarang Masuk
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Katadata)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kendaraan non-otonom atau kendaraan yang tak berbasis autonomous vehicle (AV) dilarang masuk ke ibu kota baru.

Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Disebutkannya, pemerintah bakal sangat ketat menerapkan aturan kepatuhan berkendara di ibu kota baru. 

Kalau nggak kendaraan AV, nggak boleh masuk di kota itu. Jadi kalau mau masuk ke dalam (ibu kota), ya harus pakai AV - ujar Luhut, di Jakarta, Rabu (26/2/2020). 

Baca Juga: Jepang Uji Coba Mobil Terbang, Solusi Transportasi Masa Depan

Luhut yang hadir dalam diskusi bertajuk 'Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara', di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020), menegaskan tak hanya angkutan umum, aturan itu juga berlaku untuk kendaraan pribadi. Menurutnya, kebijakan ini sejalan dengan rancangan pembentukan ibu kota baru dengan kota berkonsep ramah lingkungan.

Dengan begitu, menteri asal Sumatera Utara (Sumut), berusia 72 tahun itu, memastikan pembangunan jalan akan dirancang dengan struktur khusus. Dimana kondisi jalan umum di ibu kota baru nantinya bakal mendukung mobilisasi kendaraan-kendaraan AV.

Selain AV, dikatakan Luhut, pemerintah menetapkan kendaraan yang akan lalu-lalang di ibu kota bakal berbasis elektrik alias nol emisi, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

Baca Juga: Volkswagen Berencana Produksi SUV Listrik ID Ruggdzz

Pak Menteri Perhubungan sudah merencanakan apa saja jenis kendaraan umum yang akan digunakan di ibu kota - tegas Luhut.

Pemerintah sendiri sampai dengan saat ini telah merancang dua jenis kendaraan umum yang akan melayani warga di ibu kota baru, yakni autonomous railway dan autonomous BRT.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0