Pelabuhan Tianjin China Operasikan 25 Truk Tanpa Sopir, Indonesia? :: Nusantaratv.com

Pelabuhan Tianjin China Operasikan 25 Truk Tanpa Sopir, Indonesia?

Truk Otonom Menampilkan Kemajuan Teknologi yang Dikembangkan Secara Independen oleh Perusahaan-Perusahaan Domestik.
Pelabuhan Tianjin China Operasikan 25 Truk Tanpa Sopir, Indonesia?
Truk tanpa sopir beroperasi di Pelabuhan Tianjin, China. (China Daily)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebanyak dua puluh lima truk tanpa sopir atau disebut dengan truk otonom sudah memulai debutnya di Pelabuhan Tianjin, China, pada Jumat (24/1/2020). Truk otonom ini menampilkan kemajuan teknologi yang dikembangkan secara independen oleh perusahaan-perusahaan domestik.

Truk-truk tersebut, yang dikembangkan bersama oleh perusahaan domestik Sinotruk dan Truck Tech, yang telah menyelesaikan operasi pengujian hingga 30.000 jam di pelabuhan Tianjin, menangani pengiriman kontainer hingga 8.000 kali.

Dilansir dari China Daily, pada 2018, Sinotruk telah menandatangani perjanjian dengan Pelabuhan Tianjin untuk pengembangan dan pengoperasian pilot truk penggerak diri cerdas di pelabuhan dan truk listrik tanpa pengemudi pertama mulai beroperasi pada April tahun itu.

Baca Juga: GM's Cruise, Mobil Swakemudi Listrik Tanpa Setir dan Pedal 

Menurut siaran pers dari pelabuhan Tianjin, dalam dua tahun terakhir, kemajuan truk tanpa sopir tersebut telah memungkinkan pelabuhan Tianjin untuk meningkatkan efisiensi dan memotong biaya operasi, serta pengeluaran energi masing-masing sebesar 25 persen dan 50 persen.

"Pada 2020 ini, pelabuhan akan mempercepat pembangunan pelabuhan cerdas, dengan melanjutkan penerapan teknologi seperti 5G," kata Chu Bin, Presiden Tianjin Port Group.

Lantas, bagaimana dengan pelabuhan di Indonesia? Jika memang diterapkan truk otonom, maka bakal menjadi ancaman serius terhadap para sopir dan pebisnis angkutan truk di Indonesia. Dipastikan dampaknya juga sangat besar, karena bisa menambah pengangguran.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0