Penelitian Sebut Orang Kaya yang Mengendarai Mobil Mewah Sering Tak Patuhi Aturan di Jalan Raya :: Nusantaratv.com

Penelitian Sebut Orang Kaya yang Mengendarai Mobil Mewah Sering Tak Patuhi Aturan di Jalan Raya

Pelanggaran yang Dilakukan Ini Disebabkan Karena Merasa Lebih Unggul Dengan Pengendara yang Lain.
Penelitian Sebut Orang Kaya yang Mengendarai Mobil Mewah Sering Tak Patuhi Aturan di Jalan Raya
Pengendara mobil mewah kerap melanggar aturan. (Facebook/Worldofbuzz)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebuah penelitian mengungkap instrumen yang menunjukkan karakter mengemudi orang kaya. Disebutkan mengemudi dengan mobil mewah justru cenderung membuat kalangan 'berduit' kerap tidak mematuhi aturan di jalan raya. 

Jan-Erik Lönnqvist, seorang Profesor Psikologi Sosial dari Universitas Helsinki Swedia, telah merilis sebuah studi di Journal of International Psychology dengan judul 'Personality and Car Status'. Dia mengaitkan kepemilikan mobil mewah dengan sejumlah pelanggaran lalu lintas yang dijumpai di jalan.

Dilansir dari Worldofbuzz, studi tersebut menyatakan mereka seringkali tidak mematuhi aturan lalu lintas, seperti melanggar batas kecepatan, tidak menyalakan lampu sein saat berbelok, serta mengemudi semaunya.

Baca Juga: Wow! Harga Mobil Mainan Ini Lebih Mahal Daripada Aslinya 

(Foto: Facebook/Worldofbuzz)

Pelanggaran yang dilakukan ini disebabkan karena merasa lebih unggul dengan pengendara yang lain. Dia meneliti pria dan wanita yang mengendarai mobil mewah, yang hasilnya banyak ditemukan seorang pria yang cenderung melanggar.

Secara keseluruhan, studi itu mengonfirmasi selain karena status sosial, kekayaan juga bisa merusak pola pikir orang dan perilaku tidak etis secara luas, termasuk mengemudi.

Penelitian tersebut juga menyebut orang yang lebih suka mobil kelas atas itu memiliki karakter narsisme, yang berarti mereka butuh menunjukkan status mereka melalui sebuah kepemilikan benda-benda dan material.

Penelitian dari Jan-Erik sekaligus melengkapi penelitian sebelumnya yang mengonfirmasi pemilik mobil mahal lebih rentan terhadap pelanggaran peraturan lalu lintas. Dimana pengemudi mobil mewah lebih cenderung untuk menyerobot di persimpangan empat arah yang sibuk dan memotong pejalan kaki.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0