Penjualan Mobil Impor Naik 12 Persen, Brand Jepang Terpuruk :: Nusantaratv.com

Penjualan Mobil Impor Naik 12 Persen, Brand Jepang Terpuruk

Produsen Mobil Jepang Mendapati Penjualan Mereka Turun 68 Persen Menjadi 1.406 Unit di Korsel Pada Bulan Lalu Dari 4.360 Unit Pada Tahun Lalu.
Penjualan Mobil Impor Naik 12 Persen, Brand Jepang Terpuruk
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Penjualan kendaraan impor di Korea Selatan (Korsel) naik 12 persen pada Maret 2020 dari tahun sebelumnya. Sedangkan brand Jepang masih terus berjuang dengan permintaan yang melemah akibat ketegangan perdagangan dengan Korsel.

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, Jumat (3/4/2020), Asosiasi Pengimpor & Distributor Mobil Korea (KAIDA) menyebut jumlah kendaraan impor baru yang terdaftar naik menjadi 20.304 unit bulan lalu dari 18.078 unit pada tahun sebelumnya.

Model-model baru dan kegiatan pemasaran oleh brand seperti Audi dan Volkswagen membantu meningkatkan penjualan bulanan. Brand Jerman membukukan penjualan yang kuat, tetapi brand Jepang terus mengalami penurunan dalam penjualan - kata Park Eun-seok, juru bicara KAIDA.

Ke depan, Park mengatakan penyebaran virus corona membebani penjualan kendaraan, karena konsumen akan memilih untuk tidak mengunjungi diler. Namun brand impor menyumbang 17,68 persen dari pasar kendaraan penumpang di Korsel pada Februari 2020, naik dari 15,88 persen pada tahun lalu.

Unit mereka untuk Maret akan tersedia pada akhir April - lanjutnya.

Baca Juga: Lindungi Karyawan Dari COVID-19, Suzuki Indonesia Tutup Pabrik Selama 2 Pekan

Sementara itu, untuk tiga model kendaraan terlaris yakni Volkswagen Tiguan 2.0 TDI, BMW 520 dan Mercedes-Benz E 300 4MATIC.

Brand Jerman seperti Audi-Volkswagen Korea, BMW Group Korea dan Mercedes-Benz Korea, menjual 13.146 unit kendaraan gabungan bulan lalu, melonjak 55 persen dari 8.496 tahun lalu - jelasnya.

Sebaliknya, produsen mobil Jepang mendapati penjualan mereka turun 68 persen menjadi 1.406 unit di Korsel pada bulan lalu dari 4.360 unit pada tahun lalu, karena kedua negara masih berselisih mengenai pengenaan pembatasan ekspor Tokyo tahun lalu.

Lima brand Jepang tersedia di pasar kendaraan penumpang Korea, yakni Toyota Motor Corp dan brand mewahnya Lexus, Honda Motor Co, dan Nissan Motor Co serta merek premium Infiniti.

Pada Juli lalu, Jepang memperketat peraturan tentang ekspor ke Korsel dari tiga bahan teknologi tinggi untuk produksi semikonduktor dan display. Dan, pada Agustus, Jepang juga mengeluarkan Korsel dari daftar negaranya yang diberi perlakuan istimewa dalam prosedur perdagangan.

Korsel memandang langkah itu sebagai pembalasan terhadap putusan Mahkamah Agung pada 2018 di negara tersebut yang memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk memberi kompensasi kepada Korsel terhadap para korban kerja paksa selama pemerintahan kolonial Jepang di Semenanjung Korea pada 1910-1945.

Diketahui, dari Januari hingga Maret 2020, produsen mobil asing menjual total 54.669 unit, naik 4,8 persen dari 52.161 unit pada periode yang sama tahun lalu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0