Praktik Curang Uji Emisi, Volkswagen dan Porsche Terancam Denda dan Pidana :: Nusantaratv.com

Praktik Curang Uji Emisi, Volkswagen dan Porsche Terancam Denda dan Pidana

Lebih dari 10.000 unit Volkswagaen dan Porsche yang dijual di Korsel pada Mei 2015 hingga Januari 2018, disinyalir dilengkapi dengan perangkat yang menghasilkan emisi nitrogen oksida 10 kali lebih banyak
Praktik Curang Uji Emisi, Volkswagen dan Porsche Terancam Denda dan Pidana
Volkswagen dan Porsche terancam denda dan pidana. (Business-Standard)

Jakarta, Nusantaratv.com - Volkswagen dan Porsche terancam denda dan tuntutan pidana di Korea Selatan (Korsel). Dua perusahaan otomotif ini dinilai melakukan praktik curang karena memasang 'perangkat terlarang' untuk hasil uji emisi pada kendaraan diesel. 

Dilansir dari Business-Standard, Rabu (21/8/2019), Kementerian Lingkungan Korsel, mengatakan lebih dari 10.000 kendaraan Volkswagaen dan Porsche yang dijual di Negeri Ginseng pada Mei 2015 hingga Januari 2018, disinyalir dilengkapi dengan perangkat yang menghasilkan emisi nitrogen oksida 10 kali lebih banyak daripada tingkat standar.

Kementerian Lingkungan juga menyebut sertifikasi hasil uji emisi pada delapan model, termasuk Audi A6, Volkswagen Touareg, dan Porsche Cayenne akan dicabut dan pembuat mobil akan menghadapi denda sekitar 9,5 juta dolar AS.

"Kami berencana untuk terus menanggapi dengan tegas manipulasi emisi gas di masa depan," ujar seorang pejabat kementerian pada pewarta.

Pengumuman itu dikeluarkan hanya beberapa minggu setelah mantan Chief Executive Audi, Rupert Stadler, dituduh melakukan penipuan dan iklan ilegal untuk mengakali tes emisi pada 434.000 mobil Volkswagen, Audi, dan Porsche. 

Uji emisi yang menggunakan software itu diterapkan pada mobil berbahan bakar diesel, dan memungkinkan kendaraan mendeteksi ketika edang diuji di laboratorium dan menyemburkan gas berbahaya, seperti nitrogen oksida jauh di bawah level aktual yang dikeluarkan di jalan.

Sebuah studi yang dirilis pada Maret 2017, menyebut bahwa polusi dari 2,6 juta mobil Volkswagen yang dijual di Jerman melakukan praktik curang dan kemungkinan menyebabkan kematian dini di Eropa akibat emisi gas buang tersebut. Dan lebih dari 410.000 pelanggan menuntut kompensasi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0