Punya SIM, Kenali Fungsinya :: Nusantaratv.com

Punya SIM, Kenali Fungsinya

Fungsi SIM selain sebagai legitimasi kompetensi, juga berfungsi sebagai pendukung forensik kepolisian.
Punya SIM, Kenali Fungsinya
SIM menjadi prasyarat seseorang bisa mengendarai kendaraan di jalan raya. (Kabar Penumpang)

Jakarta, Nusantaratv.com - SIM (Surat Izin Mengemudi) menjadi prasyarat seseorang bisa mengendarai kendaraan di jalan raya. Bukti registrasi dan identifikasi ini diberikan Polri pada mereka yang lulus legitimasi kompetensi dalam berkendara.

Dilansir dari NTMC Polri, Kamis (29/8/2019), fungsi SIM selain sebagai legitimasi kompetensi, juga berfungsi sebagai pendukung forensik kepolisian, fungsi kontrol atau penegakkan hukum dan sistem pelayanan prima yang terkoneksi langsung pada sistem Traffic Attitude Record (TAR) serta berkaitan dengan De Merit Point System (DMPS).

Baca: Polri Rilis Smart SIM Bulan Depan, Bisa Buat Belanja dan Bayar Tol

Traffic Attitude Record (TAR) adalah sistem pendataan atas pelanggaran yang dilakukan para pengendara dalam berlalu lintas. Pelanggaran dari pengendara pemilik SIM akan tercatat secara otomatis dan dikenakan poin. 

Dimana pelanggaran ringan akan dikenakan 1 poin, 3 poin pelanggaran sedang, dan pelanggaran berat akan dikenakan 5 poin. Pengendara hanya diberikan 70 poin untuk batas pelanggaran dengan maksimal melakukan 5 kali pelanggaran berkendara.

Pelanggaran yang tercatat dalam TAR tersebut akan berdampak pada De Merit Point System (DMPS) pemilik SIM. De Merit Point System sendiri dapat dijadikan evaluasi sekaligus menerapkan sistem reward and punishment kepada pengemudi atau pemilik SIM.

Baca: Kerahkan 2.380 Personel, Ini Target Operasi Patuh Jaya 2019

Adapun reward atau punishment berupa: 

1. Tanpa Uji
Sistem ini diberikan untuk pemilik SIM yang tidak pernah melakukan pelanggaran atau memiliki poin kurang dari 12 poin.

2. Uji Ulang
Sistem ini diberikan untuk pemilik SIM yang pernah terlibat dalam kecelakaan (tersangka) atau memiliki poin lebih dari 12 poin

3. Cabut Sementara
Kepemilikkan SIM akan dicabut sementara sesuai dengan keputusan pengadilan, dimana pemilik SIM mengemudi secara ugal-ugalan dan mengabaikan road safety seperti menggunakan narkoba, mengonsumsi miras atau kebut-kebutan saat berkendara.

4. Cabut Seumur Hidup
Sistem ini diberlakukan untuk pemilik SIM yang melakukan tabrak lari.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0