Sinergi UI dan Transjakarta, Integrasi Transportasi Ramah Lingkungan :: Nusantaratv.com

Sinergi UI dan Transjakarta, Integrasi Transportasi Ramah Lingkungan

UI berupaya mengurangi dampak polusi yang makin mengkhawatirkan
Sinergi UI dan Transjakarta, Integrasi Transportasi Ramah Lingkungan
UI menjalin sinergi dengan PT Transjakarta. (Dok. Humas UI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Universitas Indonesia (UI) dan PT Transjakarta melakukan sinergi.

Hal itu tertuang dalam Nota Kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) antara kedua belah pihak di Ruang Rapat A, Pusat Administrasi Universitas Indonesia (PAUI) atau Gedung Rektorat UI, Depok, Jawa Barat (Jabar), pekan ini.

Ini merupakan langkah UI dalam mengurangi dampak polusi udara yang semakin mengkhawatirkan, terutama di wilayah kampus.

Muhammad Anis, Rektor UI, menyebut wilayah kampus UI cukup luas termasuk 1/3 wilayah hutan kota di dalamnya, karena konsep lingkungan bersih itulah UI mulai menggunakan transportasi ramah lingkungan tanpa bahan bakar fosil.

Selain itu, UI juga mengembangkan UI green metric sebagai salah satu indikator kampus hijau di Indonesia. Karena itulah upaya penggunaan transportasi publik untuk mahasiswa terus dicanangkan, seperti gowes, bus kuning, dan selanjutnya adalah penambahan armada bus Transjakarta yang sudah ramah difabel.

Dalam beberapa waktu yang akan datang, bus Transjakarta mulai beroperasi di dalam kampus UI dan bisa dipakai para mahasiswa layaknya bus kuning yang telah beroperasi.

Untuk itu, diharapkan keberadaan bus Transjakarta ini nantinya dapat mengurangi polusi udara dan kapasitas bus yang berlebihan.

Sedangkan Agung Wicaksono, Direktur Utama PT Transjakarta, mengungkapkan acara kerja sama ini merupakan realisasi dari program hijau untuk lingkungan yang bebas pencemaran, terutama di wilayah kampus UI.

"Dengan kerja sama ini diharapkan dapat mengintegrasikan visi untuk menghijaukan lingkungan, serta mengkampanyekan gerakan kampus hijau," tutur Agung.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0