Teror COVID-19, Produsen Mobil Kompak Hentikan Produksi di India :: Nusantaratv.com

Teror COVID-19, Produsen Mobil Kompak Hentikan Produksi di India

Di India Setidaknya 341 Orang Terpapar COVID-19 dan Lima Orang Meninggal.
Teror COVID-19, Produsen Mobil Kompak Hentikan Produksi di India
Maruti Suzuki India. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Produsen mobil terbesar di India Maruti Suzuki India, termasuk Mahindra & Mahindra, Mercedes-Benz, Fiat Chrysler Automobiles, serta Hyundai Motor, mengatakan mereka menghentikan produksi mobil di negara itu karena wabah virus corona (COVID-19).

Dilansir dari Reuters, Senin (23/3/2020), langkah ini dilakukan setelah produsen mobil menutup pabrik mereka pekan lalu di Eropa, Amerika Serikat (AS), Kanada dan Meksiko karena jumlah kematian global akibat COVID-19 melebihi 13.000 jiwa.

Produsen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) Mahindra & Mahindra mengatakan pihaknya akan mulai membuat ventilator untuk pasien virus corona di pabriknya, mengikuti langkah serupa yang dilakukan produsen mobil lain termasuk Ferrari dan Fiat.

Sejauh ini, dilaporkan jika di India setidaknya 341 orang terpapar virus corona dengan lima orang meninggal. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk menangguhkan sebagian besar layanan kereta api dan metro nasional serta memerintahkan penutupan minimarket di beberapa negara bagian hingga 31 Maret 2020.

Baca Juga: Karyawan Positif COVID-19 dan 11 Dalam Pemantauan, Toyota Minta Maaf 

Produsen mobil Maruti, mengatakan akan segera menutup operasi produksi dan kantor di fasilitasnya di negara bagian Haryana di utara India.

Durasi penutupan ini akan tergantung pada kebijakan pemerintah - demikian pernyataan Maruti, yang mayoritas sahamnya dimiliki Suzuki Motor Corp Jepang.

Negara bagian barat Maharashtra, telah mencatat jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi tertinggi di negara itu, adalah lokasi bagi salah satu pusat mobil terbesar di India, yakni Pune, di mana beberapa produsen mobil akan menghentikan produksi tanpa batas waktu atau hingga 31 Maret 2020.

Dalam sebuah penryataan, Mahindra telah menghentikan produksi di salah satu pabriknya di Maharashtra dan akan menangguhkan pekerjaan di dua pabrik lain mulai Senin (23/3/2020).

Anand Mahindra, Group Company Chairman, mengatakan di Twitter jika perusahaan akan segera mulai bekerja tentang cara membuat ventilator di pabriknya.

Penguncian selama beberapa minggu ke depan akan membantu meratakan kurva dan memoderasi tekanan puncak pada perawatan medis - kata Mahindra.

Dia menambahkan jika dirinya akan menawarkan resor liburan sebagai fasilitas perawatan sementara dan membantu pemerintah dalam membangun pusat-pusat tersebut.

Baca Juga: Empati Pasien COVID-19, Ferrari dan Fiat Bantu Buat Ventilator

Daimler AG Mercedes-Benz dan Fiat serta produsen sepeda motor Bajaj Auto semua mengatakan mereka akan menghentikan produksi di pabrik Pune mereka hingga 31 Maret 2020. Fiat mengatakan tidak akan memangkas pekerja dan akan membayar gaji semua karyawannya.

Pembuat sepeda terlaris India Hero MotoCorp Ltd, mengatakan pada akhir pekan lalu, jika perusahaan telah menghentikan produksi di semua pabriknya di India, Bangladesh dan Kolombia.

Pembuat mobil India Tata Motors Ltd, mengatakan pada Jumat (20/3/2020) jika perusahaan dengan cepat mengurangi aktivitas di pabrik mobilnya di Maharashtra dan sedang bersiap untuk menutupnya jika kekhawatiran tentang virus corona semakin dalam.

Sementara itu, Volkswagen AG India mengatakan pada akhir pekan lalu telah menghentikan produksi di fasilitasnya di Pune selama tiga pekan sebagai bagian dari transisi bisnis yang sedang berlangsung dan memastikan keselamatan karyawannya.

Hyundai Motor Korea Selatan mengatakan pada Senin (23/3/2020) jika perusahaan telah menangguhkan produksi di pabriknya di Chennai mulai Senin (23/3/2020) hingga akhir Maret sebagai respon terhadap langkah-langkah penguncian (lockdown) pemerintah negara itu ketika virus menyebar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0