Ban Kendaraan Diisi Nitrogen, Ini Keuntungan yang Didapat :: Nusantaratv.com

Ban Kendaraan Diisi Nitrogen, Ini Keuntungan yang Didapat

Ban diisi dengan nitrogen lebih aman
Ban Kendaraan Diisi Nitrogen, Ini Keuntungan yang Didapat
Ilustrasi. (medcom.id)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ban diisi dengan nitrogen menjadi pilihan sebagai besar pengguna kendaraan bermotor saat ini. Ban juga diketahui menjadi salah satu komponen kendaraan yang bersifat vital. 

Salah dalam memperlakukan ban justru akan berakibat fatal, terutama dari sisi keselamatan diri ketika membawa kendaraan. Dengan menggunakan nitrogen, maka terdapat beberapa keuntungan yang dirasakan oleh pemilik kendaraan.

Yakni, dapat menghemat bahan bakar atau lebih efisien konsumsinya. Hal itu dikarenakan nitrogen mengandung molekul yang lebih padat dibandingkan dengan oksigen, sehingga tekanan nitrogen yang optimal terhadap ban akan membuat ban menempel ke permukaan jalan secara lebih optimal pula.

Selain itu, molekul nitrogen yang bersifat lebih solid dibandingkan dengan oksigen, maka dapat berdampak dengan kondisi ban yang menjadi lebih optimal. Dan, tekanan udara di dalam ban akan lebih sulit keluar dari pori-pori ban karena molekul yang lebih solid.

Dari sisi keamanan, dengan menggunakan nitrogen maka ban akan lebih aman dari ancaman ban meledak. Sebab, nitrogen memiliki suhu lebih rendah dibandingkan dengan oksigen sehingga saat kondisi sangat panas pun risiko meledak akan lebih kecil.

Kemudian, dengan proporsi oksigen yang rendah pada nitrogen, risiko pelek berkarat juga otomatis akan berkurang karena hal tersebut juga berarti kadar air pada nitrogen juga rendah, jika menggunakan ban beroksigen bisa saja air akan rembes berlebih dan berisiko membuat pelek lebih cepat berkarat.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0