Jangan Asal Pakai, Begini Cara Memilih Jas Hujan :: Nusantaratv.com

Jangan Asal Pakai, Begini Cara Memilih Jas Hujan

Jas hujan tak hanya memberikan perlindungan dari basah, tapi juga bisa memberikan keamanan pengendara. 
Jangan Asal Pakai, Begini Cara Memilih Jas Hujan
Ilustrasi. (istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Beberapa wilayah di Tanah Air sudah mulai masuk musim penghujan. Bagi pengendara motor, selain dibutuhkan kewaspadaan dalam mengendari motor dalam kondisi hujan, yang tak kalah penting adalah melengkapi diri dengan jaket atau jas pelindung hujan.

Lantas, bagaimana cara memilih jas hujan yang tepat? Karena tak hanya memberikan perlindungan untuk melanjutkan perjalanan di tengah cuaca basah, tapi juga bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara motor. 

Dalam memilih jas hujan secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, berdasar model pakaiannya. Baik berupa model ponco atau jubah besar satu bagian maupun berupa setelan yakni atasan serupa jaket serta celana panjang untuk bagian bawah.

Rupanya jenis jas hujan dengan model setelan dengan celana lebih dianjurkan bagi pengendara sepeda motor. Selain mengurangi rembesan air hujan yang membasahi pakaian pengendara secara keseluruhan, pemakaian model setelan itu tergolong lebih aman dibandingkan model ponco.

  1. Ingin Performa Tetap Prima, Ini Waktu yang Tepat Ganti Gir dan Rantai Motor
  2. Perawatan Rem Cakram Sepeda Motor, Ini yang Harus Dilakukan
  3. Kaca Helm Tergores, Coba Tips Ini

Potensi kecelakaan bisa timbul ketika pengendara motor menggunakan jas hujan dengan model ponco alias jubah besar.

Seperti yang sering terjadi, bagian dari jas hujan yang melambai ini dapat masuk menuju komponen mesin - ujar Direktur Training Jakarta Defensive Driving Consulting, Yusri Pulubuhu.

Risiko paling berbahaya saat jas hujan menyangkut pada rangkaian penggerak motor sehingga pengendara bisa jatuh.

Kebanyakan terselip pada jari-jari roda maupun celah pada komponen rantai penggerak - lanjut Yusri.

Menurutnya, model jas hujan seperti ini sebaiknya dihindari, terutama dengan potensi membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lain.

Kecelakaan akibat pemakaian has hujan ini sudah mulai banyak terjadi, karena bisa juga membahayakan orang lain - tambah Yusri.

Pemakaian jas hujan dengan tipe ponco ini masih kerap ditemui pada pengendara sepeda motor di Ibu Kota. Selain berupa ponco berukuran reguler, sering ditemukan juga jas hujan jenis ponco dengan ukuran lebih kecil.

Sejatinya jas hujan seperti ini memang wajib dipakai pejalan kaki dibandingkan pengendara sepeda motor - tukas Yusri.

 

Sumber: Okezone.com 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0