Kerap Gonta-ganti BBM, Amankah? :: Nusantaratv.com

Kerap Gonta-ganti BBM, Amankah?

Tak akan ada dampak negatif pada kendaraan
Kerap Gonta-ganti BBM, Amankah?
Pengisian BBM pada kendaraan. (riau-hijau.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Bahan bakar kendaraan bermotor yang umum digunakan di Indonesia yakni solar, premium, pertalite, dan pertamax.

Dari semua itu, terdapat beberapa merek yang beredar serta menawarkan beragam formula bagi pengguna kendaraan.

Kondisi ini membuat konsumen memiliki beragam pilihan BBM (bahan bakar minyak), hingga tak jarang kerap melakukan tindakan gonta-ganti BBM di kendaraannya. Amankah?

Andreas Schaefer, Scientist Bahan Bakar Shell, menjelaskan soal apakah terdapat efek negatif dari tindakan tersebut. "Jika mencampur beberapa merek bahan bakar di dalam tangki, tidak akan ada dampak negatif pada kendaraan," ujar Andreas, dikutip Otoasia, Selasa (2/7/2019).

Kendati begitu, ditekankan Andreas, bahwa hal itu bukan tidak memberikan pengaruh sama sekali, terutama dalam hal kualitas BBM-nya.

"Bagaimanapun ketika mencampur berbagai merek bahan bakar ke kendaraan, maka tidak akan mendapatkan keunggulan dari satu merek bahan bakar secara utuh," lanjutnya.

Dicontohkan Andreas, dengan memakai 50 persen Shell, lalu 50 persen dari merek lain, maka pengguna kendaraan tidak akan merasakan keunggulan secara utuh dari Shell.

"Jadi tidak akan ada dampak negatif, dengan catatan dalam penggunaan secara normal," tukas Andreas.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0