Mobil Tampil Prima Usai Perjalanan Jauh, Cek Rutin 5 Komponen Ini :: Nusantaratv.com

Mobil Tampil Prima Usai Perjalanan Jauh, Cek Rutin 5 Komponen Ini

Diperlukan perawatan mobil secara berkala agar tampil prima
Mobil Tampil Prima Usai Perjalanan Jauh, Cek Rutin 5 Komponen Ini
Penggantian oli mesin. (kinibisa.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Setiap pemilik kendaraan selalu ingin kondisi mobilnya dalam keadaan baik dan prima. Untuk itu, diperlukan perawatan mobil secara berkala.

Tujuannya, menjaga mobil agar selalu dalam kondisi prima dan tidak bermasalah saat digunakan. Terlebih merawat mobil setelah dikendarai dengan intensitas tinggi maka sangat disarankan agar mobil tetap sehat dan siap digunakan lagi untuk kegiatan harian.

Nah, inilah 5 komponen mobil yang wajib diperiksa setelah mobil dipakai untuk perjalanan jauh:

Pertama, Oli mesin. Memeriksa komponen cairan yang satu ini setelah mobil dibawa perjalanan jauh sangat penting karena mobil yang dipakai jarak jauh dengan waktu yang lebih lama, suhu oli mesinnya akan semakin tinggi dan menyebabkan kekentalan oli dan volume berkurang. Karena itu, pastikan tidak ada kebocoran, dengan mengecek apakah ada rembesan oli atau tidak.

Kedua. Kaki-kaki. Kondisi medan jalan yang bermacam-macam akan membuat komponen mobil yang satu ini bekerja ekstra dalam menopang bodi mobil. Pastikan untuk memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan sebaiknya cek juga keausan ban dan tekanan anginnya.

Ketiga. Rem. Masih seputar area kaki-kaki, yang perlu dicek selanjutnya adalah rem. Perjalanan panjang dan mungkin Anda terkena macet dalam waktu lama bisa memberi beban pada sektor pengereman, sehingga ia bekerja lebih keras.

Pastikan ketebalan kampas rem dalam keadaan baik dan Anda bisa mengganti komponen ini jika memang sudah mencapai batas maksimal.

Jangan lupa juga untuk mengisi minyak rem jika volumenya kurang dari takaran yang seharusnya sesuai yang direkomendasikan oleh pabrik.

Keempat. Bahan bakar. Selama perjalanan jauh, seringkali pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar yang tidak atau kurang sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area yang dilewati.

Karena itu, jangan lupa untuk mengecek filter bahan bakar. Jika sudah kotor, maka pemilik kendaraan bisa menggantinya untuk meminimalisasi kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

Kelima. Interior dan filter AC. Pastikan interior bebas dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan total mulai dari kabin sampai bagasi supaya tidak menyebabkan aroma yang kurang enak dan terhindar dari masuknya binatang atau serangga ke dalam kabin mobil. Jangan lupa juga bersihkan filter atau saringan udara AC.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0