Power Window Mobil Tak Berfungsi, Coba Cek Komponen Ini :: Nusantaratv.com

Power Window Mobil Tak Berfungsi, Coba Cek Komponen Ini

Jika sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window
Power Window Mobil Tak Berfungsi, Coba Cek Komponen Ini
Power window pada mobil bermasalah. (medcom.id)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sirkulasi udara di dalam kendaraan sangat penting. Ini mempengaruhi kenyamanan pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut. Umumnya sirkulasi udara akan disuplai oleh HVAC system. 

Namun, HVAC menggunakan daya mobil karena menggunakan rangkaian motor blower sehingga bisa membuat mobil boros.

Selain HVAC, ternyata ada satu lagi sirkulasi udara di dalam mobil yakni window atau jendela. Dan, setiap mobil pasti memiliki jendela, dan umumnya jendela ini bisa dibuka tutup. 

Tapi, apa jadinya bila power window yang ada di kendaraan Anda bermasalah, seperti kaca tidak bisa turun atau sebaliknya kaca tidak bisa naik. Bahkan, kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun.

Guna mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya, berikut adalah beberapa masalah yang ada di power window, seperti dilansir dari suzuki.co.id, Rabu (21/8/2019).

Masalah pada sekering

Cara mengecek yang paling mudah dari sekeringnya, namun jika ternyata sudah diganti, tapi tetap bermasalah atau putus lagi, maka harus dicek bagian lain, kemungkinan terjadi korslet.

Fungsi sekering adalah pemutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekering tersebut rusak bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi.

Kelistrikan dan saklar power window

Jika sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal sedangkan tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

Motor atau regulator power window

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window, mungkin memang sudah lemah, atau sudah mengalami aus di geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik.

Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0